Frequently Asked Question

Apa itu Perumnas IDEA Competition?

Perumnas IDEA Competition adalah salah satu dari rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh IMPACT yakni sebuah organisasi millennial karyawan BUMN Perum Perumnas, sebagai upaya untuk memunculkan ide-ide baru dalam menyelesaikan permasalahan pada industri properti dan real estate.

Siapakah yang menyelenggarakan Perumnas IDEA Competition?

Perumnas IDEA Competition diselenggarakan oleh IMPACT. Informasi lebih lanjut terkait IMPACT anda dapat mengunjungi laman ini.

Siapa saja yang dapat mengikuti kompetisi ini?

Persyaratan anggota peserta tim kompetisi yaitu berasal dari kalangan umum (siswa, mahasiswa, professional, akademisi, tenaga ahli, konsultan, organisasi riset dan umum) dan minimal telah berusia 15 tahun

Bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai peserta kompetisi?

Anda dapat mengunjungi laman Daftar Sekarang dan mengikuti instruksi pendaftaran yang tertera selanjutnya, atau Anda dapat terlebih dahulu mengunduh kemudian membaca dengan seksama dokumen Terms of Reference (ToR) terkait prosedur/tata cara pendaftaran yang dikirimkan melalui email setelah mendaftar.

Apakah pendaftaran kompetisi ini dipungut biaya?

Adapun biaya pendaftaran yang wajib dibayarkan peserta tim yaitu sebesar Rp 200,000.- (Dua Ratus Ribu Rupiah) untuk setiap tim yang mendaftar.

Bagaimana jika calon peserta tim tidak mengunggah bukti pembayaran ke pada form registrasi akun?

Nomor registrasi pendaftaran akan dikirimkan melalui surel (email) resmi panitia penyelenggara ke alamat surel yang digunakan pada saat registrasi. Jika calon peserta tim tidak mengunggah bukti pembayaran, maka calon peserta tim TIDAK akan memperoleh nomor registrasi dan dianggap TIDAK mendaftarkan diri ke kompetisi.

Berapa maksimum jumlah personil setiap tim yang diizinkan mengikuti kompetisi?

Peserta kompetisi adalah berbentuk tim, dengan ketentuan jumlah personil tim minimal sebanyak 1 orang hingga maksimum 3 orang. Apabila tim terdiri hanya 1 orang, maka orang tersebut dikategorikan sebagai personal. Apabila tim terdiri dari 2 orang saja, maka komposisi tim adalah 1 orang ketua tim dan 1 orang anggota tim. Namun, jika tim terdiri dari 3 orang, maka komposisi tim adalah 1 orang ketua tim dan 2 orang anggota tim.

Apakah jumlah personil dalam tim mempengaruhi poin penilaian?

Tidak, panitia penyelenggara dan Dewan Juri akan memperlakukan seluruh peserta tim secara sama dan adil. Poin penilaian akan menjadi hak prerogatif Dewan Juri, dan penilaian akan dilakukan secara objektif.

Karya apakah yang harus peserta ikutsertakan dalam kompetisi ini?

Adapun karya yang diminta dalam kompetisi ini yaitu berupa ide/konsep yang diuraikan dalam bentuk Proposal Ide dan Abstrak. Untuk ketentuan penyusunan, peserta tim dapat mengunduh kemudian membaca dengan seksama dokumen Terms of Reference (ToR)

Berapa ukuran maksimum file karya yang harus diunggah dan dikirimkan oleh peserta tim?

Jika file karya melebihi kapasitas unggah yang dibatasi pada email, peserta tim WAJIB mencantumkan tautan (link) untuk mengunduh file karya tersebut.

Bolehkah peserta tim mengirimkan karya melalui alamat surel (email) yang berbeda dengan alamat surel yang digunakan pada saat pendaftaran?

Tidak, apabila hal tersebut terjadi, maka peserta tim akan didiskualifikasi dan karya yang dikirimkan TIDAK akan dinilai oleh Dewan Juri.

Kapan batas pengiriman karya diizinkan?

Batas pengiriman karya diizinkan hingga hari Selasa, 11 Juni 2019 pukul 23.59 WIB. Apabila peserta tim mengirimkan karya lebih dari waktu yang telah ditetapkan tersebut, maka peserta tim akan didiskualifikasi dan karya tidak akan dinilai oleh Dewan Juri.

Bagaimana mekanisme penilaian karya pada Perumnas IDEA Competition tahun 2019?

Penilaian akan berdasarkan poin dari 10 aspek penilaian dengan bobot khusus. Poin penilaian akan diberikan oleh Dewan Juri untuk setiap karya yang valid (sah) untuk dilakukan proses penilaian. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat terlebih dahulu mengunduh kemudian membaca dengan seksama dokumen Terms of Reference (ToR) terkait kriteria penilaian.

Apa saja tahap kegiatan kompetisi pada Perumnas IDEA Competition tahun 2019?

Rangkaian kegiatan Perumnas IDEA Competition tahun 2019 meliputi:

  • Meet the Case Provider: Sebagai acara pendukung Perumnas IDEA Competition 2019 yakni seminar dan technical meeting oleh case provider mengenai deskripsi studi kasus, arahan lomba dan penjelasan latar belakang kepada peserta sebagai acuan yang dapat digunakan untuk melaksanakan kompetisi.
  • Pitching & Meet the Judges: Rangkaian acara seminar umum oleh beberapa juri mengenai industri properti dan real estate di era disrupsi dan 10 peserta tim yang lolos ke semifinal akan berkesempatan untuk memaparkan ide dan diberikan pitching dan mentoring oleh juri berpengalaman.
  • Final Round IDEA Competition: 5 Semifinalis yang lolos ke final akan mempresentasikan idenya dan membuat simulasi aplikasi untuk diuji ke hadapan dewan juri.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat terlebih dahulu mengunduh kemudian membaca dengan seksama dokumen Terms of Reference (ToR) terkait jadwal kompetisi dan rangkaian kegiatan.

Bagaimana jika peserta tim kompetisi tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Meet the Case Provider"?

Peserta tim TIDAK DIWAJIBKAN untuk hadir pada saat tahap kegiatan “Meet the Case Provider”, namun panitia penyelenggara menyarankan agar hadir karena terdapat penjelasan dan arahan kompetisi bagi para peserta tim. Kehadiran pada tahap kegiatan “Meet the Case Provider” TIDAK menjadi poin penilaian bagi para peserta kompetisi.

Bagaimana jika peserta tim semifinalis tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Pitching And Meet the Judges"?

Apabila ketua dan anggota dari peserta tim semifinalis tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Pitching And Meet the Judges" dengan alasan apapun, maka peserta semifinalis tersebut akan menerima sanksi berupa PENGURANGAN POIN PENILAIAN sebesar 10 POIN.

Bagaimana jika salah satu/dua anggota peserta tim semifinalis tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Pitching And Meet the Judges"?

Hal tersebut diperbolehkan, namun sangat tidak disarankan, karena pada saat tahap kegiatan tersebut keaktifan dan keterlibatan anggota menjadi bagian dari akumulasi poin penilaian.

Bagaimana jika peserta tim finalis tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Final Round IDEA Competition"?

Apabila peserta finalis tidak hadir pada saat tahap kegiatan "Final Round IDEA Competition" dengan alasan apapun (TANPA ada perwakilan ketua/anggota peserta tim sama sekali), maka peserta tim finalis tersebut akan menerima sanksi berupa DISKUALIFIKASI dari kegiatan kompetisi.

Bolehkah salah satu/peserta tim diwakilkan atau diganti oleh orang lain?

Peserta yang tidak sesuai dengan biodata yang dikirimkan pada saat pendaftaran TIDAK dapat diganti/diwakilkan dengan alasan apapun.

Apa saja fasilitas yang diperoleh peserta tim yang lolos ke tahap semifinal?

Panitia penyelenggara akan memberikan fasilitas berupa penginapan dan uang saku transportasi dengan besaran nominal yang telah ditetapkan. Biaya lainnya yang timbul selain daripada itu, menjadi tanggung jawab para peserta tim semifinalis.

Apa saja fasilitas yang diperoleh peserta tim yang lolos ke tahap final?

Panitia penyelenggara akan memberikan fasilitas berupa penginapan dan uang saku transportasi dengan besaran nominal yang telah ditetapkan. Biaya lainnya yang timbul selain daripada itu, menjadi tanggung jawab para peserta tim finalis.

Berapakah total hadiah untuk pemenang kompetisi?

Panitia penyelenggara akan mengapresiasi pemenang dengan hadiah berupa:

  • Juara 1: Uang Tunai Rp. 30,000,000.- (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah)
  • Juara 2: Uang Tunai Rp. 20,000,000.- (Lima Belas Juta Rupiah)
  • Juara 3: Uang Tunai Rp. 10,000,000.- (Sepuluh Juta Rupiah)
  • Runner Up: Uang Tunai Rp. 5,000,000.- (Lima Juta Rupiah)

Selain itu, seluruh pemenang juga akan memperoleh sertifikat dan plakat.

Apakah pemenang Perumnas IDEA competition tahun lalu dapat mengikuti kompetisi tahun ini?

Ya, pemenang Perumnas IDEA Competition tahun lalu dapat mengikuti kembali kompetisi pada tahun ini dan penilaian atas karya yang diikutsertakan tahun lalu TIDAK menjadi pertimbangan atas penilaian karya yang diikutsertakan pada tahun ini.

Bagaimana jika tim pemenang tidak hadir pada saat penyerahan hadiah?

Penyerahan hadiah tidak dapat diwakilkan oleh orang lain TERKECUALI oleh ketua atau salah satu/dua anggota tim pemenang. Namun, kami akan sangat menghargai dan menyarankan bagi ketua dan anggota dari tim pemenang untuk hadir secara lengkap dalam kegiatan penyerahan hadiah. Apabila ketua dan anggota tim pemenang tidak dapat menghadiri kegiatan penyerahan hadiah, maka ketua atau salah satu/dua anggota dari tim pemenang WAJIB menginformasikan kepada panitia penyelenggara.

Bagaimana status hak cipta karya peserta & pemenang kompetisi Perumnas IDEA Competition 2019?

Hak cipta dan hasil karya pemenang kompetisi akan menjadi hak milik panitia penyelenggara. Adapun dalam implementasi ide dalam karya, panitia penyelenggara TIDAK menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan peserta atau pemenang untuk mengembangkan ide lanjutan.

Bagaimana cara peserta memperoleh informasi lebih lanjut?

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat terlebih dahulu mengunduh kemudian membaca dengan seksama dokumen Terms of Reference (ToR), atau mengunjungi laman Kontak Kami.